a.
Tahapan
Verbal – Kognitif
Pada tahap ini, tugasnya adalah
memberikan pemahaman secara lengkap mengenai bentuk gerak baru kepada peserta
didik. Sebagai pemula, mereka belum memahami mengenai apa, kapan, dan bagaimana
gerak itu dilakukan. Oleh karena itu, kemampuan verbal – kognitif sangat
mendomominasi pada tahap ini.
b.
Tahapan
Motorik
Peserta didik selanjutnya memasuki
tahapan motorik. Banyak persoalan yang terkait dengan aspek kognitif telah
dipecahkan, dan sekarang fokusnya adalah membentuk organisasi pola gerak yang
lebih efektif dalam menghasilkan gerak. Biasanya yang harus dikuasai perserta
didik yang pertama kali dalam belajar motorik adalah control dan konsistensi
sikap berdiri, rasa percaya diri.
c.
Tahapan
Otomatisasi
Setelah peserta didik banyak melakukan latihan, secara
berangsur – angsur memasuki tahapan otomatisasi. Disini motor program sudah
berkembang dengan baik dan dapat mengontrol gerak dalam waktu singkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar